Sejarah Pembentukan Pengadilan Agama Muaradua


 

Berdasarkan Kepres Nomor 15 Tahun 2016 tentang pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan, dianggap perlu membentuk Pengadilan Agama baru, salah satunya adalah Pengadilan Agama Muaradua.

Dalam rangka mendekatkan pelayanan Pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan(Acess to Justice) , Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof.Dr..H.M. Hatta Ali,. S.H.,M.H meresmikan 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru diseluruh Indonesia, yaitu 30 pengadilan agama negeri dan 50 pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syari’ah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Dibentuknya pengadilan baru, daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor Pengadilan karena berada di wilayah ibukota kabupaten yang dimekarkan sehingga menyuitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini bukan lagi menjadi masalah utama dan meringakan biaya perjalanan masyarakat karena jarak tempuh yang menjadi relatif singkat. Peresmian Pengadilan baru dipilihlah Kabupaten Talaud sebagai bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia.

Selanjutnya, Pelantikan Kantor Pengadilan Agama Muaradua di Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang dihadiri oleh Pimpinan, Hakim dan Pejabat kantor pada tanggal 26 Oktober 2018 bertepatan dengan 17 Safar 1440 H . Pelantikan dihadiri oleh Wakil Ketua Elmishbah Ase, S.H.I, Hakim Arifin S.H.I.,M.H dan Hermanto, S.H.I, Panitera H.Khairuddin S.Ag,.S.H.,M.H.I, Sekretaris Sutarja,S.Sos, Kasubbag Umum dan Keuangan Susi Susanti,S.E, Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Zubarol Hadid,S.Ag, Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Nurbaiti S.Th.I, Panitera Muda Gugatan Fakhrul Jamil, S.H, Panitera Muda Permohonan Karmawati S.H.I, dan Paniteta Muda Hukum Marisa Farhana S.H.I.

Lalu dibukalah penerimaan honorer untuk di lingkungan Pengadilan Agama Muaradua, yang mulai masuk dan bekerja pada tanggal 1 November 2018. yang terdiri dari Revan Pranata S.H, Fathol Arifin S.Pd, Della Sandani S.SI dan Annisa Afifa Meilinda S.H.

Kantor Pengadilan Agama Muaradua beroperasi di Jl. Wedana Pangkoe No.46 Komplek Perkantoran Camat Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Sebelah Selatan berbatasan dengan perumahan Warga, Sebelah Barat berbatasan dengan kantor BPBD (BAdan Penanggulangan Bencana Daerah), Sebelah Utara berbatasan dengan Jalan dan Sebelah Timur berbatasan dengan Kantor Camat Muaradua.

Pengadilan Agama Muaradua adalah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Agama yang berkedudukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Muaradua). Pengadilan Agama Muaradua merupakan salah satu Pengadilan Tingkat Pertama Kelas II yang berada  dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang berfungsi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya.