Telekonferensi Pengadilan Agama Muaradua dengan Bappenas mengenai e-Monev

Berita Utama
Typography

pa-muaradua.go.id - Muaradua, 29 April 2020 Pengadilan Agama Muaradua kembali mengikuti Telekonferensi kali ini dengan Bappenas mengenai e-Monev melalui aplikasi Zoom yang dapat diakses melalui HP maupun Laptop/PC. Pemantauan dan pelaporan data realisasi hasil pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan dalam hal ini pelaksanaan Renja-KL di tahun berjalan 2019 telah selesai dilaksanakan. Telekonferensi ini dilakukan oleh Kasubbag Umum dan keuangan Pengadilan Agama Muaradua Susi Susanti, S.E.

Tujuan e-Monev Pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan intervensi pemerintah sesuai dan mendukung pencapaian target-target pembangunan. Aplikasi e-Monev Generasi 3 bertujuan mengumpulkan data realisasi pelaksanaan secara lengkap, sehingga dapat dijadikan bahan Analisa dan menjadi pertimbangan bagi pelaksanaan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

 

Aplikasi e-Monev tidak mengenal “buka” dan “tutup’ masa pelaporan. Buka dan tutup masa pelaporan hanya berlaku untuk masa  verifikasi. Aplikasi e-Monev dapat diakses oleh user sepanjang tahun pelaksanaan. Akses ini termasuk akses untuk entri data baik untuk entri data baru maupun update data realisasi.  Data yang telah diverifikasi akan menjadi basis data pengendalian, sementara data di akhir periode akan menjadi basis data bagi pelaksanaan evaluasi Renja-KL dan RKP. Data hasil verifikasi akan menjadi bagian dari laporan pemantauan triwulanan.

 

Garis Besar Pendekatan Entri Data terdiri dari Indikator, Output, dan Komponen. Entri data realisasi atas capaian indikator, output dan komponen dilakukan dengan pendekatan nilai absolut dan parsial dimasing-masing bulan sesuai dengan volume target dari indikator, output, dan komponen. Apabila pada satu bulan tertentu, belum ada realisasi capaian darioutput dan komponen, maka realisasi capaian dientrikan nilai “0”. Untuk data realisasi anggaran, entri data bulanan dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara kumulatif, namun perekaman data untuk masing-masing output dan komponen dilakukan secara parsial. Apabila pada satu bulan tertentu, belum ada realisasi anggaran dari komponen, maka realisasi capaian dientrikan nilai “0”. Saat ini referensi realisasi anggaran dapat menggunakan data dari aplikasi SAKTI, atau menggunakan data SPP atau SPM. Sementara itu, realisasi anggaran di level output merupakan penjumlahan dari realisasi di level komponen. Mengingat variasi dari output dan komponen sangat banyak, maka pemahaman bisnis proses dan karateristik program/kegiatan mutlak diperlukan. Pemahaman terhadap kerangka perencanaan pembangunan/ intervensi pemerintah (investasi, regulasi, dan kelembagaan) sangat dibutuhkan, sehingga pemantauan dan data realisasi yang dilaporkan sesuai dengan kondisi lapangan yang sesungguhnya.

Sebagai sebuah aplikasi berbasis web (online), aplikasi e-Monev menyajikan data secara digital bagi penggunanya. Data realisasi yang telah dientrikan di aplikasi e-Monev tersedia dalam beberapa format, yaitu :