Kunjungan Kerja Studi Banding APM dan ZI di Pengadilan Agama Baturaja

Berita Utama
Typography

pa.muaradua.go.id - 7-oktober 2019, Pengadilan Agama Muaradua melakukan study banding ke Pengadilan Agama Baturaja dalam rangka pencanangan Zona Integritas dan Proses pembuatan APM (akeditasi penajamin Mutu). Rombongan Pengadilan Agama Muaradua langsung di pimpin oleh Elmishbah Ase, S.H.I selaku ketua pengadilan Agama Muaradua. Ikut serta study banding adalah Wakil ketua Pengadilan Agama Muaradua, YM. Hakim Pengadilan Agama Muaradua, Paitera dan sekretaris Pengadilan Agama Muaradua, Panitera Muda Hukum dan staff. Rombongan sampai di Pengadilan Agama Baturaja pada pukul 14.00 dan langsung disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Baturaja Drs. Ihsan, S.H., M.A. rombongan PA  beberapa menit dilantai satu berbincang-bincang dengan beberapa pegawai dan Pejabat PA Baturaja kemudian diarahkan untuk keruangan Ketua Pengadilan Agama Baturaja.


 Dalam suasana yang hangat Ketua Pengadilan Agama Baturaja membuka pertemuan dan kunjungan Study Banding Pengadilan Agama Muaradua. Drs. Ikhsan, S.H., M.A., mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kunjungan PA Muaradua dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada rombongan PA Muaradua untuk bertanya dan belajar tentang apa saja yang dibutuhkan. Terutama dalam masalah pencanangan ZI dan APM di PA Muaradua. Apapun yang dibutuhkan oleh PA Muaradua, Drs. Ikhsan, S.H., M.A., akan siap membantu demi kelancaran proses kegiatan yang diharapkan oleh PA Muaradua.
Kemudian, PA Muaradua diwakili oleh Ketua Elmishbah Ase, S.H.I menyampaikan tujuan rombongan ke PA Baturaja adalah untuk study banding masalah ZI dan APM sebagaimana amanat PTA Palembang, bahwa bulan Oktober ini semua Pengadilan Agama dibawah wilayah PTA Palembang harus segera mendeklarasikan ZI dimasing-masing satuan kerja, dan tidak lupa Elmishbah Ase, S.H.I juga mengucapkan terimakasih atas penerimaan rombongan PA Muaradua di PA Baturaja.


    Selanjutnya diskusi tentang ZI dan APM dijelaskan oleh Wakil Ketua PA Baturaja yaitu YM. Solahudin Sibagabariang, S.Ag., M.H. Beliau menjelaskan bahwa APM tidak jauh dari SAPM. Sedangkan APM itu sendiri adalah upaya apa yang kita kerjakan itu sudah sesuai dengan SOP yang telah disepakati untuk menghasilkan produk pengadilan agama. Yaitu putusan dan penetapan. Sedangkan untuk standard APM telah diatur dalam ditjen badilag.
Adapun permasalahan Zona integritas (ZI) untuk pengadilan Agama yang baru untuk saat ini adalah masih pada tahap pencanangan saja. Dalam pencanangan ZI ini harus dimulai dari komitmen para aparatur pengadilan dulu, yaitu berupa deklarasi internal. Dan kemudian dilanjutkan dengan deklarasi eksternal. Yang mana dalam deklarasi eksternal ini ada beberapa pejabat yang harus di undang. Yang paling wajib di undang adalah unsru Muspida, perwakilan PA dan PN Sekitar, MUI, dan tokoh masyarakat.
Diskusi dan study banding ini ditutup dengan melihat sarana dan prasana PA baturaja untuk mendukung proses pembuatan APM di Pengdilan Agama Muaradua.