Teleconference Kasubbag Umum dan Keuangan bersama KPPN Baturaja mengenai Aplikasi SAKTI WEB

Berita Utama
Typography

pa.muaradua.go.id - Tanggal 20 September 2019 yang lalu, Kasubbag Umum dan Keuangan Susi Susanti, SE melakukan teleconference pemaparan Aplikasi Sakti Web bersama KPPN Baturaja. Tatap muka jarak jauh ini tidak lantas menghalangi materi yang disampaikan, karena meskipun via online Pemateri dari pihak KPPN Baturaja menjelaskan secara rinci apa saja hal mengenai Aplikasi Sakti Web tersebut.

Terdapat 4 cara untuk melakukan penyusunan RKAKL pada aplikasi SAKTI, yaitu: Migrasi Data RKAKL dari Data Dipa terakhir tahun anggaran sebelumnya,Input data RKAKL dari awal, Upload ADK RKAKL dari Aplikasi RKAKL ,Unit mengcopy data RKAKL antar satker-satkernya (Dalam Pengembangan). Adapun tugas dari Operator Aplikasi tersebut sebagai berikut :
1.Merekam Rencana Kerja Anggaran Satker (RKA)
2.Merekam Usulan DIPA
3.Mencetak RKAKL
4.Merekam data POK (Rencana Penarikan Dana Bulanan)
5.Mencetak Lampiran RKAKL
6.Mencetak Laporan-laporan
7.Mengirim ADK DIPA Revisi
8.Merestore dan merekam data pegawai Merekam usulan SBK (level Unit)
9.Mengakses data referensi, dan lain-lain

Proses Revisi kewenangan satker pada aplikasi SAKTI
Langkah-langkah:
1.Login Operator Anggaran pada tahun anggaran berjalan
2.Menu Utility > memilih status history > Klik tombol Revisi Satker (POK)
3.Menu RUH > Belanja untuk mengedit data yang telah dibentuk
4.Menyesuaikan Rencana Penarikan Dana bulanan pada menu RUH > POK
5.Validasi Data Belanja
6.Approval oleh KPA

Berikut adalah pemaparan singkat dari Pemateri, namun selain itu juga ada file untuk satker agar bisa lebih jelas dan lengkap. Karena Aplikasi ini harus diterapkan di setiap satker untuk kedepannya.

"Berikut cara pembuatan RKA SATKER dengan Metode Rekam Data, Masuk ke menu RUH > Belanja, Pilih satker pada tombol pencarian satker, Pada User Interface terdapat tombol-tombol untuk melakukan penginputan form Belanja, seperti Rekam Belanja, Search, Calculator, Hapus, Ubah, Copy, Paste, Cetak, Simpan, dan Keluar. PENTING: Selalu pastikan untuk melihat status history yang sedang dibuka pada teks di sebelah tahun Anggaran. Hanya RKAKL Awal, Usulan DIPA, dan Revisi Satker yang belum disetujui KPA yang dapat diedit. DIPA Revisi tidak dapat diedit.", berikut penjelas Sumarsono.

Selanjutnya teleconference dilanjutkan dengan tanya jawab untukmsatker yang belum jelas dengan apa yang sudah di paparkan.