Panitera menghadiri acara FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Menuju Oku Selatan Maju dengan SDM dan Data berkualitas

Berita Utama
Typography

pa.muaradua.go.id - Kamis, 26 September 2019 Panitera Pengadilan Agama Muaradua H.Khairuddin S.Ag.,S.H.,M.H.I berpartisipasi dalam cara Focus Group Discussion (FGD) Kompilasi Data Daerah dalam Angka dan Kecamatan dalam Angka Tahun 2019 "menuju OKU Selatan Maju dengan SDM dan data Berkualitas" Ruang rapat terbatas dengan Bupati OKU selatan.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB di Ruang Rapat terbatas Bupati OKU Selatan yang juga dihadiri oleh Seluruh Camat se Kabupaten OKU Selatan berdasarkan surat Undangan yang diterima oleh pengadilan Agama Muaradua nomor : B-217/BPS1608/9280/9/2019. Kantor Pengadilan Agama selalu berperan aktif saat mendapat undangan dari instansi luar maupun dari pemerintah daerah OKU selatan.

Setelah melakukan registrasi peserta kemuadian Pembukaan yang dipimpin oleh MC, dan dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan Laporan Kepala BPS OKU Selatan Yusron, S.E.,M.Si, dan sambutan serta arahan Bupati OKU Selatan sekaligus membuka FGD oleh Bupati OKU Selatan Popo Ali M., B.Commerce.

Dalam diskusi, Kepala BPS OKU Selatan Yusron, SE.,M.Si menyampaikan sulitnya mencari data pemerintah, perbedaan data statistik antar instansi dan perbedaan data geospasial.

"Berikut ada berbagai jenis-jenis statistik, yaitu Statistik dasar yang pemanfaatanyya untuk keperluan yang bersifat luas. Statistik Sektoral yang pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam ranggka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, dan statistik khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik dunia usaha, pendidikan, sosial budaya dan kepentingan lain dalam kehidupan masyarakat.", jelas Kepala BPS ini.

BPS memiliki Advanced Release Calender merupakan bentuk janji pemutakhiran informasi dari BPS dan kode referensi yang digunakan BPS dalam pengumpulan data merujuk pada standar internasional. Berdasarkan pasal 13 ayat 2 dikatakan bahwa Untuk data statistik tingkat pusat, Pembina data Statistik tingkat pusat yaitu badan yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang kegiatan statistik. Dan berdasarkan pasal 36 ayat 5 Portal Satu Data Indonesia dikelola oleh kementrian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional.

"Partisipasi publik sebagai masyarakat untuk data statistik yang lebih baik yaitu menjadi responden, aktif melaporkan diri, memberi umpan balik dan aktif mengupdate sensus online SP2020. Dan untuk partisipasi publik sebagai Pemerintah untuk Data Statistik yang lebih baik adalah konsisten terhadap kelola data pemerintah yang telah disepakati dalm SDI, meningkatkan kolaborasi aktif antara K/L/D/I dalam upaya perwujudan SDI, dan menerapkan standar data yang telah ditetapkan untuk menghasilkan data yang berkulalitas.",himbau dari Yusron saat pemamaparan.

Publikasi terbitan BPS Kab.OKU Selatan :

1. OKU Selatan dalam Angka

2. PDRB

3. Statistik Daerah OKU Selatan

4. Indikator kesejahteraan Rakyat

5. Kecamatan Dalam Angka (19 Kecamatan)