Pembinaan dan Pengawasan, Hatibinwasda berjalan Lancar di Pengadilan Agama Muaradua

Satker
Typography

pa.muaradua.go.id- Kamis, 4 Juli 2019 Pengadilan Agama Muaradua kedatangan tamu dari Hatibinwasda dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. H.Mohd. Abduh. H.M.N, S.H sebagai Ketua Tim, Maskur Kaswi, S.H dan Imron Rusadi S.H untuk melakukan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Muaradua. Pada pukul 08.00, ketiga Tim Pengawas sudah hadir di kantor dan melihat absen manual Hakim dan Pegawai Kantor Pengadilan Agama Muaradua.

Sebelum memulai pemeriksaan, pegawai sempat berbincang hangat dari hal-hal biasa hingga ke masalah teknis di kantor. Bertempat diruang sidang Kantor Pengadilan Agama Muaradua, Pak Drs. H.Mohd. Abduh H.M.N, S.H dan Pak Maskur Kaswi, S.H mulai memeriksa berkas-berkas kantor, mulai dari Aplikasi SIPP, E-Register, Aplikasi E-Keuangan, dan SIPP ABT. Seluruh berkas hardcopy dicocokan dengan laporan di SIPP, begitu juga dengan pembukuan Keuangan Perkara.

 

Pak Drs. H.Mohd. Abduh H.M.N, S.H memeriksa Map Perkara Majelis, dan mengoreksi beberapa Berita Acara Sidang yang ada di Pengadilan Agama Muaardua. Begitu juga untuk bagian Kesekretariatan, Semua Kasubbag di periksa kelengkapan berkasmya. Mulai dari Kassubag Kepegawaian dan Ortala, Kasubbag Umum dan Keuangan dan Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan yang dilakukan oleh Imron Rusadi S.H selaku Kabag Umum dan Keuangan di Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

 

Ada beberapa temuan, namun tidak begitu banyak. Salah satunya kesalahan format tanggal pada laporan pembukuan perkara. Karena format dd/mm/yyyy, namun ada yang menggunakan format mm/dd/yyyy sehingga urutan tanggalnya tidak sesuai namun urutan perkaranya benar.

"Saya menemukan tanggal yang berbeda, di laporan itu tanggal 01-02-2019, namun saat kebawah menjadi 02-06-2019, setelah ditelusuri karena format tanggal yang terbalik. Untuk itu harus diperhatikan dan disamakan pengaturan tanggalnya. Karena akan membuat yang membaca laporan menjadi bingung.", kata Pak Maskur Kaswi, S.H saat melakukan expose kemarin.

Harapannya meskipun Pengadilan Agama Muaradua masih terbilang baru, namun secara administrasi haruslah professional, dan semoga temuan-temuan yang sudah di umumkan menjadi bahan untuk Kantor Pengadilan Agama Muaradua berbenah menjadi lebih baik.