Sholat Jama'ah bersama di kantor Pengadilan Agama Muaradua

Berita Utama
Typography

Pa.muaradua.go.id- Selasa, 14 Mei 2019 di ruang Sidang Pengadilan Agama Muaradua Sholat berjamaah yang di imami oleh Yang Mulia Arifin S.H.I.,M.H yang diikuti oleh Pegawai Agama Muaradua. Sholat Dzuhur berjamaah ini rutin dilaksanakan di kantor selama bulan suci ramadhan. Dengan jadwal yang sudah dibuat petugasnya bergantian menjadi imam dan kultum.

Sholat Dzuhur berjamaah yang dilaksanakan pada hari ini, berlangsung lancar dan khidmat. Semoga amal ibadah dan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah s.w.t. Selanjutnya kultum disampaikan oleh Yang Mulia Arifin S.H.I.,M.H yang menceritakan tentang waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini. Isi surat mengabarkan bahwa sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka yang selalu beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

"Hal yang semakin jauh setiap harinya adalah waktu, bahkan 1 detik yang lalupun tidak bisa kita kembali ke masa itu. Maka dari itu gunakanlah waktu kita sebaik-baiknya, agar kita tidak menjadi orang yang merugi. Tidak hanya berbuat kebaikan, namun juga mengajak pada kebaikan.", kata lelaki kelahiran Belik. Kata ‘Ashr’ di ayat bisa juga diartikan waktu ‘Ashr atau shalat Ashar. Allah Subhaanahu wa Ta'aala bersumpah dengan masa yang mencakup malam dan siang; yang merupakan tempat terjadinya perbuatan hamba dan amal mereka, bahwa setiap manusia akan rugi, yakni tidak beruntung sebagaimana diterangkan dalam ayat selanjutnya. Kerugian ada beberapa macam; ada kerugian yang mutlak dan ada kerugian yang hanya sebagiannya saja. Kerugian yang mutlak adalah kerugian di dunia dan akhirat; di dunia mendapatkan kesengsaraan, kebingungan dan tidak mendapatkan petunjuk, sedangkan di akhirat mendapatkan neraka jahannam. Allah Subhaanahu wa Ta'aala meratakan kerugian kepada semua manusia kecuali orang yang memiliki empat sifat; iman, amal saleh, saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Semoga kultum yang diberikan oleh Yang Mulia Arifin bisa bermanfaat dan bisa kita terapkan bersama di kehidupan sehari-hari, sebagai alert untuk kita bersama tidak hanya pada bulan suci ramadhan namun pada bulan-bulan lainnya.