Pemaparan Aplikasi E-SKP oleh Sekretaris Pengadilan Agama Muardua

Berita Utama
Typography

Pa.muaradua.go.id- Kamis, 9 Mei 2019 di ruang Sidang Pengadilan Agama Muaradua yang dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Muaradua. Sekretaris Pengadilan Agama Muaradua Sutarja, S.Sos melaksanakan presentasinya di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Agama Muaradua tentang Inovasi Pengadilan E-SKP. Sebelum menjelaskan presentasi, Sekretaris menjelaskan apa itu SKP di sambutan awalnya.
Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai merupakan aplikasi berbasis database yang dibuat untuk memudahkan Pegawai dalam membuat Pencatatan, Laporan harian, Perjanjian Kinerja dan Sasaran Kerj yang saling terintegrasi.

Dengan adanya sistem atau aplikasi ini sangat membantu pegawai dalam pengelolan laporan harian yang sebelumnya dilakukan dengan sistem manual dan ememrlukan waktu yang lama dan sekarang menjadi lebih cepat, lebih efisien dan ramah lingkungan (paperless)
Bagi pimpinan Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai ini juga memudahkan memonitor kinerja bawahan sehingga pimpinan dapat memantau beban tugas dari masing-masing pegawai. Apabila ada beban tugas dari seorang pegawai yang terlalu banyak maka dengan menggunakan aplikasi ini, beban tugas yang berlebihan dapat direvisi untuk tahun yang akan datang.
“E-SKP adalah sebuah aplikasi Elektronik Sasaran Kerja Pegawai. Berikut adalah aplikasi yang saya buat dengan harapan dapat membantu dan bermanfaat untuk penilaian kinerja pegawai khususnya di Lingkungan Pengadilan Agama Muaradua. ”, ujarnya.
Dalam penjelasannya terdapat beberapa fitur di dalam aplikasi ini, yang pertama menu SKP ( Sasaran Kerja Pegawai) yang berisikan Jenis Kegiatan, Isi kegiatan, Indikator atau target, dan Jumlah target dalam setahun dan Pejabat Penilai.
“Di menu SKP inilah pernyataan perjanjian kerja dibuat, dan dinput oleh masing-masing user berdasarkan NIP Pegawai”, jelasnya lebih lanjut.
Menu yang kedua ada Verifikasi Perjanjian, yaitu sebagai fitur untuk memverifikasi perjanjian yang telah dibuat. Menu ketiga, Pengukuran yaitu penilaian capaian sasaran kerja pegawai dan yang keempat menu Penilaian yang berisikan penilaian prestasi kerja.
“Sampai saat ini aplikasi ini masih akan dikembangkan untuk penyempurnaan beberapa fitur, jika ada saran dari Bapak Ibu untuk kemajuan aplikasi ini, saya harapkan dapat memberikan masukan kepada saya, karena Aplikasi ini akan kita usahakan untuk di implementasi di kantor kita yang tercinta ini”,kata lelaki kelahiran Cirebon 5 April 1987.
Setelah melakukan presentasi, Plh Wakil Ketua Arifin S.H.I., M.H memberikan dukungan dengan aplikasi yang dibuat oleh Sekretaris.
“Saya pikir terobosan Bapak Sekretaris Pengadilan Agama Muaradua membuat aplikasi Sasaran Kerja Pegawai atau di singkat E-SKP dalam kerangka proyek perubahan patut diapresiasi. Dalam era industri four point zero, pengembangan inovasi pelayanan berbasis Teknologi Informasi yang paperless dan eco friendly adalah sebuah keniscayaan. Tentu saja memalui E-SKP, bukan hanya sasaran kinerja pegawai yang teradministrasi secara lebih baik, mudah dan efisien tapi jauh dari itu, kita berharap melalui aplikasi ini produktivitas dan performa kinerja Pengadilan dapat menjadi muaranya kepuasan publik pencari keadilan. ”, ucap Arifin S.H.I selaku Plh Wakil Ketua.