Pengadilan Agama Muaradua ikut Lomba Pohon Telur Hias di PTA Palembang

Berita Utama
Typography

Pa.muaradua.go.id- Rabu, 27 Maret 2019 Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang menghadiri acara Israj Mi’raj di Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Wakil ketua Elmishbah Ase, S.H.I, Panitera H.Khairuddin S.Ag., S.H.,M.H.I dan Sekretaris Sutarja, S.Sos Pengadilan Agama Muaradua juga turut hadir memeriahkan acara tersebut. Setiap satker telah menyiapkan pohon hias telur untuk dilombakan dalam rangka perayaan Israj mi’raj. Isra memiliki arti perjalanan di malam hari. Secara istilah, isra’ adalah perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa. Sedangkan Mi’raj secara bahasa artinya adalah naik. Secara istilah adalah naiknya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ke sidratul muntaha.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang memerintahkan kepada setiap satker untuk membawa pohon telur hias yang akan dinilai saat perayaan Israj Mi’raj, yang mana memiliki makna simbol dari telur adalah telur terdiri atas tiga bagian; kulit, putih telur, dan kuning telur. Kulit telur artinya iman, putih telur artinya islam, dan kuning telur artinya ikhsan. Itulah dipilih lomba menghias pohon telur hias yang mana melambangkan satu kesatuan antara iman, islam dan ikhsan. Selain mengenang perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pertemuan Israj Mi’raj ini juga untuk menjalin silaturahmi antar satker di kantor Pengadilan Agama.

"Telur hias ini belum pernah tarjadi di Pengadilan Tinggi Agama Palembang, sehingga kita adakan lomba oleh Pengurus Musholla PTA Palembang yang tujuannya untuk kebersamaan di Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang agar bisa menjalin kebersamaan", ujar ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Pembuatan pohon telur hias menghabiskan 40 butir telur yang direbus lalu dihias dan dibungkus menggunakan kertas berwarna-warni, Telur hias warna warni melambangkan semangat dan keceriaan para pegawai saat membuat telur hias untuk lomba yang diadakan oleh Ketua pengadilan Tinggi Agama Palembang. Semoga keceriaan ini terus berlanjut tidak hanya untuk perayaan Israj Mi’raj.

 

 

 

Foto acara Irraj Mi'raj saat berlangung

 

 

 

“Terima kasih kepada pegawai Pengadilan Agama Muaradua yang berpartisipasi meluangkan waktunya untuk menghias pohon telur hias, semoga antusias seperti ini tetap terjaga selalu”, ucap Wakil Ketua Pengadilan Agama Muaradua saat pembuatan telur hias untuk dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Palembang.