Sidang Perdana Di Lingkungan Pengadilan Agama Muaradua

Berita Utama
Typography

PA-MUARADUA.GO.ID - Selasa (27/11/2018), pada hari ini merupakan sidang perdana Pengadilan Agama Muaradua di Ruang Sidang sebanyak 10 (sepuluh) perkara dengan 3 (tiga) orang hakim yaitu Elmishbah Ase, S.H.I, Arifin, S.H.I,M.H dan Hermanto S.H.I dan seorang Panitera Pengganti. Suasana sidang berjalan dengan lancar pada Kantor Pengadilan Agama Muaradua. Para pihak berasal dari daerah kecamatan yang berbeda-beda, ada yang berasal dari Kecamatan Muaradua, Mekakau Ilir, Warkuk Ranau Selatan, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Buay Pemaca dan Simpang.

Ketika ditanya bagaimana perasaan para pihak setelah sidang mereka mengungkapkan rasa syukur karena dapat sidang lebih dekat dari jarak rumah mereka dengan adanya Pengadilan Agama Muaradua sekarang

“Saya sebagai salah satu Penggugat merasa bersyukur dengan adanya Kantor Pengadilan Agama Muaradua karena jarak yang ditempuh untuk datang ke persidangan lebih dekat dari rumah. Dan pelayanan disinipun baik terhadap masyarakat.”, kata salah seorang Penggugat.

Perkara yang disidangkan pada hari itu meliputi perkara perkawinan, yaitu cerai talak, cerai gugat, hak asuh anak dan itsbat nikah poligami. Namun Merujuk kepada pasal 49 UU No.3 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU No.7 Tahun 1989 tentang Pengadilan Agama bahwa Pengadilan Agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara ditingkat pertama anatara orang-orang yang beragam Islam dibidang :
1.     Perkawinan;
2.     Waris;
3.    Wasiat;
4.    Hibah;
5.    Wakah;
6.    Zakat;
7.    Infaq;
8.    Shadaqah;
9.    dan ekonomi Syari’ah.

(admin)